Saat ini dunia sedang mengalami fenomena alam yang langka. Salah satunya adalah hujan meteor. Hujan meteor adalah adalah fenomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam. Meteor ini terjadi karena adanya serpihan benda luar angkasa yang dinamakan meteoroid, yang memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan tinggi. Ukuran meteor umumnya hanya sebesar sebutir pasir, dan hampir semuanya hancur sebelum mencapai permukaan bumi. Serpihan yang mencapai permukaan bumi disebut meteorit. Hujan meteor umumnya terjadi ketika Bumi melintasi dekat orbit sebuah komet dan melalui serpihannya ( www.wikipedia.com).

Hujan meteor yang terjadi di Indonesia merupakan hujan meteor Lyrid. Hujan meteor itu berasal dari lapisan es komet yang mencair ketika orbitnya dekat dengan matahari. Partikel debu, es, dan batu yang terlepas itu terbakar di atmosfir sebelum jatuh ke bumi.Hujan meteor ini dapat dilihat secara kasat mata oleh seluruh warga bumi.  Menurut Kepala Observatorium Boscha, Hakim L. Malasan, hujan meteor ini aman dilihat dengan mata telanjang tanpa khawatir terkena radiasinya dan tidak berdampak apapun kepada bumi karena meteor akan habis terbakar atmosfir sebelum sampai ke bumi.

Hujan meteor di Indonesia akan terjadi empat kali dalam setahun. Yang pertama adalah hujan meteor Lyrid yang muncul pada pertengahan bulan April. Kedua, hujan meteor Tuminid yang akan muncul pada bulan Juni. Ketiga adalah hujan meteor Saurid pada bulan Oktober, dan yang terakhir adalah hujan meteor Leolid. Keempat hujan meteor tersebut dapat dilihat dengan kasat mata oleh manusia.

Peneliti Utama Lapan, Thomas Djamaluddin menegaskan, wilayah Indonesia tidak sedang menerima fenomena hujan meteor. “Tidak ada kekhususan wilayah Indonesia menerima meteorit,” ungkapnya kepada detikcom, Sabtu (1/5/2010). Meski begitu, ia juga tidak bisa memastikan kapan dan di mana sebuah meteor akan jatuh. “Karena meteor itu sifatnya abstarak, tidak bisa diperkirakan,” pungkasnya.

About these ads

Tentang Shandy E.Putra

hidup itu ga usah dibikin pusing, bikin kalem aja... hidup cuma sekali jadi nikmatilah hidupmu.......

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s