Pancasila, merupakan ideologi bangsa yang disusun oleh Ir. Soekarno agar rakyat Indonesia memiliki pedoman untuk melaksanakan kegiatan berbangsa dan bernegara. Nama Pancasila diambil dari bahasa sansekerta yaitu panca dan sila. Panca berarti lima dan sila yang berarti asas atau prinsip. Pancasila dideklarasikan pertama kali pada tanggal 1 Juni 1945 sehingga setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.

Pancasila yang merupakan pedoman bangsa dalam melakukan sesuatu sekarang mulai “terlupakan”. Pancasila yang sudah kita pelajari sejak dini mulai dilupakan oleh “sebagian” warga negara. Hal itu bisa dilihat dari kelakuan warga negara yang tidak seuai dengan butir-butir pancasila. Lebih miris lagi saat warga negara Indonesia mulai melupakan kalimat-kalimat yang tertera dalam butir-butir pancasila. Bahkan sampai wakil-wakil rakyat yang ada di Senayan ada yang tidak hapal pancasila.

Pancasila yang sudah dirumuskan oleh Ir. Soekarno dan menjadi ideologi negara sejak dulu sudah mulai luntur oleh kebudayaan-kebudayaan asing yang masuk. Apabila ideologi negara yang digunakan sebagai pedoman melaksanakan kegiatan berbangsa dan bernegara mulai luntur, mau jadi apa negara kita ini??? kalianlah yang bisa menjawab…. :-)

About these ads

Tentang Shandy E.Putra

hidup itu ga usah dibikin pusing, bikin kalem aja... hidup cuma sekali jadi nikmatilah hidupmu.......

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s