Di dunia ini banyak sekali jenis-jenis olahraga. Salah satunya adalah sepakbola. Sepakbola merupakan olahraga yang paling diminati di seluruh dunia saat ini. Hampir semua kalangan mengenal olahraga ini. Dari kalangan menengah keatas sampai kalangan menengah kebawah. Hampir di seluruh penjuru dunia memiliki tim sepak bola untuk negara mereka. Banyak sekali event-event yang diselenggarakan yang berhubungan dengan olahraga sepakbola. Di setiap negara juga memiliki klub-klub yang menjadi kebanggaan suatu daerah di negara itu. Setiap klub pasti memiliki pendukung yang dinamakan suporter yang selalu setia mendukung klub kesayangannya saat bertanding.
Suporter adalah sekumpulan orang yang bertujuan untuk mendukung seseorang atau tim dalam sebuah pertandingan. Suporter bisa disebut sebagai pemain keduabelas dari sebuah klub sepakbola karena dengan adanya suporter, semangat dan motivasi setiap pemain yang membela klub tersebut akan meningkat. Setiap suporter klub juga memiliki ciri khas, keunikan dan sebutan masing-masing. Misalnya, team Ac Milan memiliki suporter yang disebut milanisti dengan ciri khas selalu memakai kaos warna merah hitam yang juga menjadi kostum kebanggaan team tersebut. Dari dalam negeri ada suporter yang disebut jakmania yang selalu setia mendukung Persija Jakarta, juga ada aremania yang selalu mendukung Arema Malang, dan yang tidak asing lagi adalah sebutan untuk suporter Persebaya Surabaya, yaitu bonek atau bondo nekat (modal nekat).
Namun akhir-akhir ini dunia persepakbolaan Indonesia sedang dirundung duka. Prestasi sepakbola Indonesia kurang berkembang di kancah internasional. Kurangnya pembinaan dan regenerasi pemain menjadi masalah yang belum bisa distasi sampai saat ini. Kerusuhan antar suporter juga menjadi masalah yang menjadikan sepak bola Indonesia kurang bagus di dunia.
Akhir-akhir ini banyak stasiun televisi yang memberitakan tentang kerusuhan antar suporter sepak bola. Pada tanggal 23 Januari 2010, terjadi kerusuhan yang disebabkan oleh suporter dari Persebaya Surabaya yang biasa disebut bonek ( bondo nekat ). Aksi bonek memicu kerusuhan di kota yang dilewati bonek saat pulang dari bandung. Saat melewati solo, kereta yang ditumpangi bonek dilempari oleh anggota pasoepati, pendukung Persis Solo. Kejadian tersebut menewaskan 5 orang bonek. Kerusuhan juga terjadi di derby Yogyakarta, antara PSS Sleman melawan PSIM di stadion Mandala Krida Yogyakarta. Salah seorang pemain dilempar batako oleh seorang penonton.
Banyak usaha yang dilakukan komdis PSSI dan BLI ( Badan Liga Indonesia ) agar kerusuhan dalam sepak bola dapat dihindari. Salah satunya dengan mengeluaran larangan menonton pertandingan apabila suporter salah satu klub membuat kerusuhan. Larangan berupa denda kepada klub juga telah diberlakukan apabila suporter klub tersebut membuat kerusuhan. Usaha tersebut tampaknya belum dapat mengurangi angka kerusuhan antar suporter di Indonesia. Masih banyak kasus kerusuhan antar suporter di Indonesia.
Komdis PSSI atau BLI lebih baik memperat komunikasi dan hubungan antar suporter untuk mempererat rasa persaudaraan antar suporter agar tingkat kerusuhan antar suporter bisa dikurangi. Klub juga membuat organisasi suporter yang jelas sehingga yang menjadi penanggung jawab suporter menjadi jelas. Setelah dibentuk organisasi, para petinggi suporter mengadakan jambore suporter agar komunikasi antar kelompok suporter lebih terjaga.
Seharusnya para petinggi suporter klub lebih mengintensifkan diadakannya jambore antar suporter. Pada akhir tahun 90’an sampai awal tahun 2000, banyak diadakan jambore antar suporter di Indonesia, tetapi banyak dari kelompok – kelompok suporter yang tidak datang sehingga tujuan utama dari jambore yaitu mempererat tali silaturahmi dan komunikasi serta memperkokoh solidaritas antar suporter di Indonesia.
Agar acara jambore bisa berjalan sesuai harapan, sebaiknya diadakan publikasi di setiap daerah sehingga banyak kelompok suporter yang mengetahui acara jambore tersebut. Konsep acara juga dibuat sebagus mungkin, misalnya acara diadakan selama satu minggu. Dalam satu minggu tersebut dibuat banyak acara seperti sosialisasi tentang sepak bola Indonesia, sarasehan antar suporter dengan petingi klub atau petinggi PSSI, dan pertandingan sepak bola antar kelompok suporter.

About Shandy E.Putra

hidup itu ga usah dibikin pusing, bikin kalem aja... hidup cuma sekali jadi nikmatilah hidupmu.......

2 responses »

  1. city directory online mengatakan:

    bener tuh .oh ya,kami juga punya info seputar Persepak Bolaan Indonesia ,cek di http://www.citydirectory.co.id/olahraga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s