sekelompok aktivitas yang saling berkaitan yang dirancang untuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan mengembangkan distribusi, promosi dan penetapan harga serta pelayanan untuk memuaskan kebutuhan konsumen pada tingkat keuntungan tertentu.

Konsep pemasaran :
• Kebutuhan : sautu keadaan untuk memenuhi kekurangan yang bersifat dasar.
• Keinginan : suatu keadaan untuk memuaskan kebutuhan yang lebih spesifik dan banyak dipengaruhi lingkungan
• Permintaan : keinginan terhadap produk tertentu yang didukung oleh kemampuan (daya beli) dan keinginan untuk mengkonsumsi.
• Produk : segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan.
• Nilai : persepsi yang mendasari pemilihan produk yang akan dikonsumsi untuk memenuhi kepuasan.
• Pertukaran : kegiatan untuk mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari pihak lain dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalannya.
• Transksi : suatu pertukaran antara dua pihak yang melibatkan sedikitnya dua unsur nilai, dengan kondisi, waktu, dan tempat yang disetujui bersama.
• Hubungan relasi : proses untuk menciptakan, mempertahankan, dan mencapai hubungan yang baik dengan pelanggan atau stakeholders.
• Pasar : orang atau sekelompok orang yang mempunyai kebutuhan dan keinginan serta memiliki daya beli (kemampuan) dan keinginan untuk membelanjakannya.

Inti pemasaran adalah pertukaran. Syarat terjadi pertukaran :
• Paling sedikit ada dua pihak
• Masing-masing pihak memiliki sesuatu yang bernilai
• Pihak satu dengan pihak lainnya mampu berkomunikasi
• Masing-masing pihak memiliki kebebasan untuk mengambil keputusan
• Semua pihak tidak keberatan untuk melakukan pertukaran

Pemasaran menambah nilai (utilitas) produk.
Utilitas  kemamuan suatu produk untuk memuaskan kebutuhan konsumen
Macam-macam utilitas :
• Utilitas bentuk : manfaat yang dirasakan konsumen karena perubahan bentuk produk
• Utilitas tempat : manfaat yang dirasakan konsumen karena dapat menikmati produk di tempat yang diinginkan
• Utilitas waktu : tambahan manfaat yang dirasakan konsumen karena dapat menikmayi produk pada saat dibutuhkan
• Utilitas kepemilikan : produk akan memberikan manfaat yang optimal jika telah terjadi perpindahan kepemilikan

KONSEP PEMASARAN
1. konsep produksi
menekankan bahwa kegiatan produksi harus dialkukan dan diutamakan sebanyak-banyaknya untuk memenuhi permintaan
2. konep produk
sukses pemasaran tergantung pada kualitas produk yang dihasilkan perusahaan
3. konsep penjualan
konsumen tidak akan mengkonsumsi produk suatu perusahaan, kecuali jika perusahaan melakukan promosi dan penjualan yang agresif
4. konsep pemasaran
konsep ini membantu perusahaan menghadapi persaingan yang semakin ketat
Filosofi konsep pemasaran :
• Fokus pasar
• Orientasi dan kepuasan konsumen
• Pemasaran yang terkoordinasi
• Orientasi laba
5. konsep pemasaran sosial
menekankan bahwa tugas organisasi adalah memahami kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan memenuhi kepuasan konsumen lebih efektif dan efisien dibanding pesaing dalam rangka mencapai kesejahteraan sosial konsumen

FUNGSI PEMASARAN
• Fungsi pertukaran
aktivitas untuk menyampaikan produk pada konsumen yang dimaksud
• Fungsi distribusi fisik
aktivitas yang meliputi pengangkutan dan penyimpanan barang
• Fungsi perantara
aktivitas yang menggabungkan fungsi pertukaran dan fungsi distribusi fisik pada perusahaan

PROSES PEMASARAN
• Perencanaan dan pengembangan strategi pemasaran
\ rencana untuk memilih dan menganalisis target pasar, mengembangkan, dan memelihara bauran pemasaran yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen

Proses pemasaran :
• Menganalisis kesmpatan di pasar
• Mengembangkan strategi pemasaran berorientasi pasar
• Merencanakan taktik atau program pemasaran dengan menggunakan marketing mix
• Mengorganisir, implementasi, dan mengawasi upaya-upaya pemasaran

Proses perencanaan strategi mensyaratkan analisis terhadap lingkungan internal (strenght and weaknesses) dan eksternal (feedback and control)

• Segmentasi pasar
kegiatan yang dilakukan pemasar untuk membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok kecil yang memiliki karakteristik dan kebutuhan produk yang sama, atau membagi pasar yang sifatnya heterogen menjadi pasar yang sifatnya homogen

Manfaat segmentasi pasar :
1. Produsen dapat merancang produk yang responsif
2. Produsen dapat menentukan strategi komunikasi yang efektif dengan pelanggan
3. Produsen dapat mengevaluasi posisi perusahaannya terhadap pesaing di pasar
4. Memberikan pandangan tentang strategi pemasaran yang ada saat ini

Langkah-langkah segmentasi pasar
1. Mengidentifikasi karakteristik dan kebutuhan pasar
• Segmentasi demografiberdasarkan umur,pendidikan,penghasilan
• Segmentasi geografiberdasarkan wilayah,iklim,kepadatan penduduk
• Segmentasi psikografiberdasarkan gaya hidup dan kepribadian
• Segmentasi manfaatberdasarkan manfaat barang produksi
2. menganalisis pasar potensial
• Dapat diukur (measurable)
• Mudah diperoleh (accessible)
• Menguntungkan (profitable)
• Cakupan luas (substantible)
• Dapat dilaksanakan (actionable)

• Penetapan target pasar
merupakan tindakan memilih salah satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki.
• Penetapan posisi pasar
mengidentifikasi konsep penetapan posisi yang memungkinkan bagi masing-masing segmen sasaran, dan kemudian memilih, mengembangkan, serta mengkomunikasikan konsep penetapan posisi yang dipilih

Bauran Pemasaran
kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yang terdiri dari sistem produk, harga, promosi, dan distribusi

Lingkungan pemasaran
1. Lingkungan mikro (pemasok, distributor, pelanggan, pesaing, dan publik)
2. Lingkungan makro
• Demografi
• Ekonomi
• Lingkungan alam
• Teknologi
• Politik dan peraturan
• Sosial

Sistem informasi pemasaran
Sistem pencatatan internal
informasi yang dikumpulkan dari sumber-sumber dalam perusahaan untuk mengevaluasi kinerja pemasaran dan mendeteksi masalah maupun kesempatan pemasaran

Sistem intelijen pemasaran
sumber dan prosedur yang digunakan manajer untuk mendapatkan informasi setiap hari yang berhubungandengan perkembangan lingkungan pemasaran

Penelitian pemasaran
• Menetapkan masalah dan tujuan penelitian
• Mengembangkan rencana penelitian
• Mengumpulkan informasi
• Menganalisis informasi
• Melaporkan dan menyajikan penemuan

About Shandy E.Putra

hidup itu ga usah dibikin pusing, bikin kalem aja... hidup cuma sekali jadi nikmatilah hidupmu.......

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s